hadeuh..Jujur ..ane lage galau..tapi ane coba donorin galau ane deh buat share ilmu ane sedikit..Skarang ane mo share tentang cara nyetel klep/ katup sepeda motor secara manual khusus motor HONDA.. Kenapa manual..?pasti ada pertanyaan seperti itu.Ok..sebelum ke topik ..ane mau jelasin tentang jenis penyetelan klep / katup.Katup atau klep ada yang bisa di stel manual semau kita dan ada juga yang berpatok pada pabrikan ( tidak bisa distel manual).Katup / klep yang bisa di stel biasanya memiliki alur (drat) yang memungkinkan penekanan ke katup / klep mau naik atau turun.saat penyetelan.Sedangkan yang tidak bisa di stel secara manual kebalikanya ,tidak adanya alut buat di stel,sistem katup seperti ini biasanya mempergunakan SHIM .Kelemahan dari katup pake shim ,apabila sudah tipis hanya penggantian baru yang bisa dilakukan.Kelebihannya lebih presisi dalam membuka dan menutup katup / klep dan celah katu / klep tak akan berubah ,sedangkan kalo sitem katup / klep yang manual kita bisa atur sendiri celah katu / klep sesuai keinginan tetapi kelemahannya adalah kadang celah katup bisa berubah sendiri.
Penyetelan klep sangat mempengaruhi dengan akselerasi mesin ,karena ini yang mengatur masuknya bahan bakar dan keluarnya hasil pembakaran ke knalpot,dan juga sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kompresi( pemadatan bahan bakar).Sesangar apapun itu spesifikasi mesin jikalau sistem celah katup / klepnya ga standar( ngawur) akan membuat buruk performa mesin.
Nah,sekarang kita siapin bahan / alat- alatnya:
1. Sepeda Motor
2. Feeler Gauges
3. Tappet (adjust wrench)
4. Kunci ring 8-9 ( khusus motor bebek), kunci ring 10-11 ( khusus motor sport )
Cara penyetelannya:( ane coba di MOTOR HONDA SUPRA X 100cc )
1. Buka tutup katup/klep in dan ex
2. Buka tutup tanda TOP dan penutup kecil di blok mesin bagian magnet ( kiri )
3. Putar magnet kekiri ( berlawanan arah jarum jam ) sampai tanda T ( TOP ) terlihat di lubang yang kecil.
4. Kemudian cek roker arm ( pelatuk klep ) in / ex dengan cara digoyang 2 pake tangan serasa ga tertekan oleh noken ( camshaft ).
5. Selanjutnya bagian inti, yaitu menyetel celah katup/klep
6. longgarkan baut 9 dengan kunci ring 9,sambil di tahan pakai tappet
7. Masukan feeler gauges diantara cotter valve( baut stelan klep) dan klep,dan stel.
8. cari ukuran celah katupyang sesuai dengan specifikasi motor anda. ane ambil contoh supra x 100cc pake in 0,05 ex 0,05.
9. Stel celah klep yang baik yaitu saat puler dimasukan terus dorong feeler akan terasa seret begitu jg kalo di tarik
10. setelah pas, jangan lupa kencangkan kembali baut stelan klepnya da n tutup
11. selamat ..motor anda sudah tersetel dengan baik dan siap melaju dengan performa terbaiknya.
UKURAN CELAH KATUP SEPEDA
MOTOR HONDA
TYPE MOTOR
IN
EX
LEGENDA
0,05
0,05
SUPRA series
0,05
0,05
GRAND series
0,05
0,05
WIN
0,05
0,05
MEGAPRO
0,1
0,1
TIGER
0,1
0,1
MEGAPRO NEW
VERZA
CB150R
SHIM
SHIM
VARIO series (
110cc)
0,15
0,25
VARIO 125
injektion
BEAT carbu /
injektion
0,15
O,15
PCX 125
PCX 150
CBR 150RR
SHIM
SHIM
CBR 250
SHIM
SHIM
NOVA SONIC 125
RS
0,07
0,27
BLADE
REVO / REVO
FIT
PHANTOM
0,1
0,1
Penyetelan klep sangat mempengaruhi dengan akselerasi mesin ,karena ini yang mengatur masuknya bahan bakar dan keluarnya hasil pembakaran ke knalpot,dan juga sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kompresi( pemadatan bahan bakar).Sesangar apapun itu spesifikasi mesin jikalau sistem celah katup / klepnya ga standar( ngawur) akan membuat buruk performa mesin.
Nah,sekarang kita siapin bahan / alat- alatnya:
1. Sepeda Motor
2. Feeler Gauges
3. Tappet (adjust wrench)
4. Kunci ring 8-9 ( khusus motor bebek), kunci ring 10-11 ( khusus motor sport )
Cara penyetelannya:( ane coba di MOTOR HONDA SUPRA X 100cc )
1. Buka tutup katup/klep in dan ex
2. Buka tutup tanda TOP dan penutup kecil di blok mesin bagian magnet ( kiri )
3. Putar magnet kekiri ( berlawanan arah jarum jam ) sampai tanda T ( TOP ) terlihat di lubang yang kecil.
4. Kemudian cek roker arm ( pelatuk klep ) in / ex dengan cara digoyang 2 pake tangan serasa ga tertekan oleh noken ( camshaft ).
5. Selanjutnya bagian inti, yaitu menyetel celah katup/klep
6. longgarkan baut 9 dengan kunci ring 9,sambil di tahan pakai tappet
7. Masukan feeler gauges diantara cotter valve( baut stelan klep) dan klep,dan stel.
8. cari ukuran celah katupyang sesuai dengan specifikasi motor anda. ane ambil contoh supra x 100cc pake in 0,05 ex 0,05.
9. Stel celah klep yang baik yaitu saat puler dimasukan terus dorong feeler akan terasa seret begitu jg kalo di tarik
10. setelah pas, jangan lupa kencangkan kembali baut stelan klepnya da n tutup
11. selamat ..motor anda sudah tersetel dengan baik dan siap melaju dengan performa terbaiknya.
Penyetelan klep ini akan berpengaruh terhadap suara mesin ,stasioner ( langsam) mesin,dan juga tenaga mesin itu sendiri.semakin besar celah katup/klep maka bahan bakar akan semakin irit ,suara agak kasar, tenaga motor akan kurang dikarnakan terlambatnya masuk nya bahan bakar dan gas buang,begitu juga kalau celah katup/klep terlalu kecil bahan bakar pun akan boros,suara memang halus akan tetapi mesin akan cepat panas,karna masuknya bahan bakar terlalu cepat masuk dan keluarnya ,kompresi pun biasanya akan terbuang,bahkan lebih parah saat motor kelebihan panas( over heat ) biasanya motor suka mati mendadak dikarnakan kompresi bocor.disarankan menggunakan ukuran celah katup/klep menggunakan ukuran pabrikan.Dibawah ane kasih ukuran celah katup/klep khusus SEPEDA MOTOR HONDA
Semoga yang ane share ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang teknik otomotif khususnya di bidang sepeda motor .Maaf ga ada maksud apa2 atau rasis tentang merk..tapi hanya motor HONDA yang ane tau.yang pasti sistem penyetelan manual celah katup/klep bisa di aplikasikan di motor lain ,cuma beda ukuran celah katup/klepnya aja.
jikalau ragu untuk melakukan sendiri atau terbentur alat..kami sarankan untuk dibawa ke bengkel resmi atau bengkel rekomendasi yang baik,supaya motor anda tetap keadaan prima dan sehat slalu dan tidak galau..
Thanks gan,,, saya belum mahir buat setel klep, besok di praktekan di bengkel Toko Online Aksesoris motor
BalasHapusBos motor saya tiger th1995,,, starterx kok berat bnget y? Apa sebaikx stel konpresix atau gmn bos ini? Susah nyalainx berat bnget
BalasHapuscek brush staterya
Hapussapatau abais.....
kalo noken nya udah racing ukuranya berapa ?
BalasHapusMantap bro.....bermanfaat sekali menurut aku
BalasHapusthank you bos. sangat bermanfaat akan saya praktekkan. karna motor grand saya harus di steel katup/klepnya
BalasHapusKlo masalah tiger gw rocker arm nya renggang sendiri bang tp baut stelan nya pas di buka mah kenceng, padahal udh berkali kali di step tp renggang trs setiap jalan skitar 30km dgn kcepatan rata-rata 70kpj itu gmn ya???
BalasHapusCoba di cek lagi boz apakah noken as nya tergerus,olinya tidak naik atau tidak lancar,biasanya membuat komponen seperti noken as dan rocker rentan terhadap gesekan..
HapusItu brarti noken as atau rocker arm nya ke makan boz,coba di cek lagi apa olinya naik ke selinder head,clo oli tdk naik atau tidak lancar bisa mmbuat daya tahan noken as dan rocker rentan terhdap gesekan..
BalasHapusItu brarti noken as atau rocker arm nya ke makan boz,coba di cek lagi apa olinya naik ke selinder head,clo oli tdk naik atau tidak lancar bisa mmbuat daya tahan noken as dan rocker rentan terhdap gesekan..
BalasHapusmas motor saya mogok,busi baru beli ,koil setrum masih kuat ,tapi busi selalu basah bensin, saat mau dinyalakan
BalasHapusKalo supra standard gimana in dan outnya berapa mm
BalasHapusKalau Honda Vario celah katupnya berapa ya?
BalasHapusBuat yang sedang cari jasa renovasi rumah murah dan berencana akan membuat pondasi dalam pasti butuh jasa bore pile atau jasa strauss pile menggunakan beton dengan harga jayamix atau harga beton jayamix. Atau jika Anda sedang mencari harga paving block per meter yg murah atau akan menghias taman, gunakan paving block taman dengan harga pasang paving block per m2 yg murah & berkualitas segera hubungi 0812-1180-292 (Momo)
Kalo mo numpang ngiklan, ude ngiklan aje kaga usah modus pake nanya ukuran celah klep vario brp
HapusBassiii
mas motor saya kadang brebet trus mogok,busi baru beli cuma tahan 2 bulan ,koil setrum masih kuat ,tapi busi item terus kadang basah bensin, itu kenapa ya?
BalasHapusBos atas bawah sama ukuran stelan nya
BalasHapusTrmakasih atas penjelasannya trims
BalasHapusApakah sepatu klep atas sama bawah berbeda?
BalasHapusgan, mau nanya dong. Honda grand saya pake seher oversize 150. Stelan katup klep in 0,05mm ex 0,05mm. Tapi tenaga kurang maksimal.
BalasHapusKampas kopling baru, kampas ganda masih bagus.
Karbu masih bagus jg.
Apa yg harus dirubah? apakah stelan klep atau karbu harus ganti? Mohon pencerahanya gan, terimakasih..
Kalau udah over sizesize karbu dan klep harus di ganti juga bro yg gede tapi ingat harus seimbang sama ukuran piston kamu
HapusMaaf gan mau nanya nih motor saya oli nya mampet alias ngk naik sampe klep pompa oli nya udah ane bersihin,jalur nya udaane bersihin juga tpi tetap ngk naik
BalasHapusItu gimana y gan???
Apa ada pengaruh ketukar klep in dan ex nya
Boy, gimana nih kalo motor gren saya nokenny udah keprasan ukurannya berapa yaa?
BalasHapusgan kalo untuk motor sonic knpa in dan ex nya berbeda kerenggangan nya?
BalasHapusMas ,mtor cs1 sya bunyi kretek"kluar dari karbu, kya ada asap nya,itu apa nya harus di priksa??
BalasHapusTerimah kasih keterangannya, saya jg blom mahir dalam stel klep, saya akan praktekan bosku🙏🙏🙏
BalasHapusCuman potonya top nya kurang jelas bosku, kalo bisa diganti yg lebih terang!
BalasHapusUkuran celah klep crf 230 Brazil berapa ya ukuranya
BalasHapusMas tanya,, saya punya grand tpi sdh oversize 100 Untuk celah klepnya apa sesuai pabrikan apa di Longgarkan sedikit,, misal IN 0,05 dan ex 0,08 apa aman Mas trima Kasih
BalasHapusKalo udah distel klep 0.05 out 0.05 to blm nyala knp ya
BalasHapus